Senin, 25 September 2017

Filled Under: , , ,

Plus Minus Kredit Pemilikan Rumah Mandiri Reguler

Plus Minus Kredit Pemilikan Rumah Mandiri Reguler

KPR Bank Mandiri Reguler ini merupakan fasilitas pinjaman dari Bank Mandiri yang diperuntukkan untuk perorangan pada saat ingin membeli rumah tinggal, apartemen, rukan, ruko yang dijual lewat developer maupun non developer.

Kredit pemilikan rumah dari Bank Mandiri ini mengenakan suku bunga menurun 10,75% fix selama satu tahun. Sedangkan untuk pilihan fix 2 tahun suku bunganya 9,75%. Lalu suku bungan yang dikenakan untuk periode selanjutnya akan mengambang derdasarkan regulasi dari BI atau yang lebih dikenal dengan suku bungan floating.

Salah satu hal paling menarik dari produk kredit pemilikan rumah yang ditawarkan Bank Mandiri ini adalah suku bunga fix akan diturunkan sebesar 0,75% jika developer properti yang Anda pilih  ada kerja sama dengan Bank Mandiri.

Keuntungan lainnya adalah KPR Mandiri ini terbilang memberikan jangka waktu cukup panjang dan beragam berdasarkan pada aset yang dikehendaki. Jika dalam bentuk rumah, tenor yang diberikan bisa sampai 15 tahun. Sedangkan untuk rusun, ruko, rukan, dan apartemen, bisa mencapai 10 tahun.

Bagaimana dengan minimun jumlah pinjaman yang dapat diperoleh? Untuk minum jumlah pinjaman yang bisa Anda peroleh saat memilih kredit pemilikan rumah dari Bank Mandiri adalah sebesar Rp. 45.000.000.

Lantas bagaimana dengan maksimum plafon pinjaman? Untuk rumah dengan developer, maksimum plafon pinjamannya adalah 80% dari harga rumah. Maka dari itu Anda diharuskan untuk membayar 20% dari harga rumah kepada bank sebagai uang muka atau DP (down payment).

Paket KPR ini akan memberikan penalti sebesar 1% dari sisa hutang ketika Anda melakukan pelunasan lebih awal dalam jangka waktu 1 atau 2 tahun terhadap keseluruhan jumlah pinjaman kredit pemilikan rumah.

Jadi tergantung dari periode suku bunga fix yang sudah Anda pilih. Tetapi ketika pelunasannya dilakukan setelah periode tersebut maka meskipun melakukan pelunasan Anda tidak akan terkena pinalti.

Selain itu, KPR Bank Mandiri juga menawarkan beberapa jenis produk menarik lainnya yang bisa Anda pertimbangkan, seperti halnya KPR Primary, KPR Take Over dan juga KPR Top Up.

Dan dari kesemuanya juga memiliki plus dan minusnya masing-masing. Misalnya saja untuk KPR Primary yang akan memberikan keringanan dalam hal pembelian rumah yakni dengan adanya penundaan pembayaran sebagian dari angsuran pokok sampai dengan tahun ke-3. Jadi pada tahun ke-4 angsuran akan normal kembali.

Baca juga: 7 Tips Cari Perumahan Murah dengan Harga Terjangkau

Sedangkan untuk KPR Take Over ini bisa Anda pilih jika ingin memindahkan kredit dari bank lain ke bank Mandiri. Salah satu keuntungannya adalah bisa mendapatkan penambahan nilai kredit sekaligus bisa mendapatkan dana tambahan untuk keperluan konsumtif.

Bagaiman dengan KPR Top Up? Jenis Top Up ini sebenarnya adalah penambahan jumlah kredit yang bisa Anda dapatkan dari Bank Mandiri. Jadi jika Anda menginginkan adanya penambahan jumlah kredit maka bisa memilih produk yang ini.

Supaya lebih jelas lagi terkait dengan paket KPR Mandiri, berikut ini akan diulas lebih details lagi beberapa karakteristik utama dari semua paket KPR Bank Mandiri. Selain sebagai bahan petimbangan, hal ini juga bisa memudahkan Anda untuk menjatuhkan pilihan yang dirasa paling pas untuk diambil.

Produk dan Fitur Utama Mandiri KPR Reguler
Beberapa hal yang harus Anda pahami dari KPR Mandiri Reguler adalah sebagai berikut ini:
1.    Dipergunakan untuk pembelian properti baik dari developer maupun non developer.
2.    Suku bunga menurun sebesar 9,75% fix untuk 2 tahun pertama lalu seterusnya floating.
3.    Besaran jumlah pinjaman mulai dari Rp. 45.000.000 sampai dengan Rp. 5.000.000.000.
4.    Adanya pengurangan suku bunga 1% ketika developer yang dipilih bekerja sama dengan Bank Mandiri dan juga mendapatkan plafon pinjaman hingga 80%.
5.    Jika terjadi kebakaran, Bank Mandiri menyediakan fasilitas asuransi jiwa dan kebakaran.

Produk dan Fitur Utama Mandiri KPR Take Over
Beberapa hal yang harus Anda pahami dari KPR Mandiri Take Over adalah sebagai berikut ini:
1.    Tidak hanya bisa dipergunakan untuk pembelian properti, namun juga bisa dimanfaatkan untuk pembelian furniture, mobil, motor, dan home apliances.
2.    Sebagai calon debitur, Anda harus memiliki KPR atau kredit sejenis di Bank lain dan sudah berjalan minimal 1 tahun serta bersetatus lancar.
3.    Suku bunganya berupa floating selama periode.
4.    Besaran jumlah pinjaman mulai dari Rp. 100.000.000 sampai dengan Rp. 5.000.000.000.
5.    Menyediakan fasilitas joun income antara penghasilan suami dan istri supaya bisa digabung.

Produk dan Fitur Utama Mandiri KPR Top Up
Beberapa hal yang harus Anda pahami dari KPR Mandiri Top Up adalah sebagai berikut ini:
1.    Hanya diperuntukkan untuk para nasabah yang menginginkan adanya penambahan jumlah pinjaman.
2.    Bagi para nasabah yang memiliki potensi dapat memberikan keuntungan untuk bank maka bisa memperoleh biaya admin lebih kecil.
3.    Suku bunga fix satu tahun baik developer maupun non developer.
4.    Besaran jumlah pinjaman yang bisa didapatkan mulai dari Rp. 10.000.000. Sedangkan untuk maksimumnya tergantung dari ketentuan KPR pertamnya.

Produk dan Fitur Utama Mandiri KPR Primary
Beberapa hal yang harus Anda pahami dari KPR Mandiri Primary adalah sebagai berikut ini:
1.    Ada fitur penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok hingga tahun ke-3 dan pada tahun ke-4 angsuran normal kembali.
2.    Bisa meringankan cash flow nasabah dikarenakan nasabah membayar angsuran lebih kecil pada tahun pertama hingga tahun ketiga.
3.    Memiliki suku bungan menurun 10,75% fix untuk 1 tahun pertama dan seterusnya floating.
4.    Besaran jumlah pinjaman mulai Rp. 50.000.000 sampai dengan Rp. 100.000.000.

Persyaratan Mengajukan Mandiri KPR Reguler
Pemohon tentunya harus WNI dengan usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun untuk pegawai dan untuk wirausaha adalah usia maksimal 60 tahun. Selain itu pemohon harus sudah bekerja selama 1 tahun untuk pegawai dan untuk wirausaha atau profesional harus sudah bekerja selama 2 tahun.

Tidak hanya itu saja, pemohon minimal harus berpenghasilan Rp. 2.000.000 untuk luar jabodetabek dan untuk jabodetabek minimal penghasilan adalah Rp. 2.500.000. Bagaimana Anda masuk kriteria tidak?

Dokumen-dikumen yang Harus Dipersiapkan
 
Jika Anda ada niatan untuk mengujakan KPR Mandiri Reguler, beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan supaya bisa segera diproses adalah sebagai berikut ini:
1.    Formulir Aplikasi
2.    Fotokopi KTP pemohon
3.    Fotokopi surat nikah atau cerai
4.    Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
5.    Fotokopi rekening koran atau tabungan selama 3 bulan terakhir
6.    Fotokopi NPWP pribadi
7.    Fotokopi laba rugi atau informasi keuangan terakhir
8.    Fotokopi akte pendirian perusahaan dan juga izin usaha atau praktek profesi
9.    Fotokopi dokumen kepemilikan agunan (SHM/SHGB, IMB, dan PBB)
10.    Slip gaji asli atau surat keterangan penghasilan di tiga bulan terkahir.
11.    Dan surat keterangan kerja dan penghasilan.

Dengan membandingkan beberapa produk Mandiri KPR di atas, Anda bisa tahu plus dan minusnya juga. Dan tentunya Anda sekarang sudah bisa memutuskan ingin memilih produk KPR Bank Mandiri yang mana.

0 komentar:

Posting Komentar