Rabu, 28 Juni 2017

Filled Under: , ,

AC Bikin Boros? Ngga Juga Kok!


Berbeda halnya seperti penggunaan AC di daerah-daerah beriklim subtropics di mana terdapat empat jenis musim, di Indonesia, sepanjang tahun adalah musim panas.

Dengan kondisi iklim tropis, banyak warga Indonesia terutama Ibukota yang menggunakan setidaknya satu unit AC untuk menyejukkan tempat di mana mereka beraktivitas, bisa di rumah, di kantor, di sekolah, dan di tempat-tempat perbelanjaan.

Namun, tidak sedikit juga masyarakat yang masih enggan menggunakan pendingin ruangan karena pendingin ruangan dianggap sebagai suatu hal yang akan menghabiskan banyak uang entah untuk membeli unitnya atau untuk memberikan perawatan yang maksimal. Memang, jika tidak dirawat dengan baik, AC akan cepat mudah rusak.

Kalau sudah begini coba tebak? Ya, benar. Anda harus menghabiskan banyak uang untuk meminta bantuan tenaga professional untuk membetulkan AC Anda seperti sedia kala.

Untuk Anda yang berdomisil di Ibukota bagian Selatan, Anda dapat membawa unit AC yang rusak ke berbagai penyedia jasa service AC Jakarta Selatan.

Namun alangkah lebih baiknya melakukan tindakan pencegahan agar Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk memperbaiki AC yang sudah terlanjur rusak. Yang lebih menarik adalah, dengan langkah perawatan tepat, ternyata Anda bisa menghemat uang meskipun menggunakan AC, lho.

1.    Menghemat biaya dokter dan rumah sakit
Dengan rajin merawat dan membersihkan bagian filter udara, tindakan penghematan yang telah Anda lakukan adalah pada biaya yang Anda alokasikan untuk masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Bagian filter udara sebaiknya dijaga selalu kebersihannya karena jika filter udara ini kotor, ia tidak hanya akan mengganggu jalannya aliran udara, namun juga dapat mengkontaminasi udara ruangan dengan debu sehingga menjadi tidak bersih.

Filter udara yang bersih akan menghasilkan kualitas udara yang bersih juga sehingga udara yang kita hidup tidak hanya sejuk, tapi juga baik untuk kesehatan.

2.    Menghindari membayar denda karena kualitas lingkungan yang tidak bersih
Perhatikan peraturan pemerintah yang mengatur tentang standar kualitas lingkungan pekerjaan. Jika pemerintah telah menentukan standar kualitas udara di sebuah gedung perkantoran sebagai A, maka ketika diinspeksi, dan ternyata kualitas udara di bangunan kantor Anda kurang dari A, Anda bisa saja dikenakan denda karena telah melanggar peraturan yang berlaku.

Agar Anda terhindar dari keharusan membayar denda, pastikan kualitas udara di kantor selalu terjaga kebersihannya. Dan salah satu cara untuk menjaga kualitas udara tetap baik adalah dengan, lagi-lagi, rajin membersihkan filter udara.

3.    Menghindari biaya reparasi
AC yang terawat dengan baik sudah pasti akan membuat Anda menghemat banyak uang karena Anda tidak perlu sering-sering membawanya ke tempat reparasi.


4.    Mengurangi biaya listrik dengan menjada kondensor tetap bersih
Sebuah unit AC memang memakan daya yang cukup banyak, namun keadaan kondensor lah yang bisa menentukan sebanyak apa daya yang digunakan oleh perangkat AC. 

Dalam keadaan kotor, daya yang digunakan sebuah unit AC akan menjadi besar karena komponen kondensor harus bekerja lebih keras. 

Sementara dalam kondisi bersih, daya yang digunakan akan relatif lebih kecil karena kondensor tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mencapai efisiensi.

Besar kecilnya daya yang digunakan sebuah perangkat AC berdasarkan seberapa keras kondensor bekerja ini akan sangat mempengaruhi biaya listrik yang harus Anda bayar nantinya, atau tagihan saldo listrik, jika Anda menggunakan listrik sistem pulsa.

Di antara banyaknya tugas-tugas yang harus Anda lakukan dalam merawat pendingin ruangan, yang terpenting adalah selalu pastikan seluruh bagian ruangan telah tertutup dengan rapat.

Jangan biarkan ada celah sedikitpun pada bagian pintu dan jendela yang akan memungkinkan udara untuk “lari” dari ruangan. Dengan membiarkan ada udara yang “lari” ke luar ruangan, ini sama halnya dengan membuang-buang uang. 

0 komentar:

Posting Komentar